fajar menyingising

Kenapa Pola Pikir Seseorang Menentukan Keberhasilan, Ini Jawabnya

Tersebutlah seorang saudagar kaya raya yang memiliki dua putra dalam kondisi kritis, di detik-detik terakhir dalam hidupnya saudagar kaya tadi memberikan wasiat berupa warisan harta yang melimpah dan dua patah pesan rahasia hidup pada kedua putra ahli warisnya. Setelah memberikan wasiat warisan secara adil sama rata pada dua putranya tadi sang ayah menambahkan dua bekal nasihat pada mereka yang pertama dia memberi pesan kepada ke dua anaknya :

“Anakku, dua pesan penting yang ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu”

“Pertama : jangan pernah menagih piutang kepada siapapun”
“Kedua : jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsung”

Waktu berjalan, hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun tak terasa 5 tahun sudah berjalan. Apa yang terjadi pada kedua putra saudagar yang sama-sama menggunakan uang warisan sang ayah buat mengembangkan usaha mereka.

5 thn berlalu sang ibu menengok anak sulungnya dgn kondisi bisnisnya yang sangat memprihatinkan, ibu pun bertanya “Wahai anak sulungku kenapa kondisi bisnismu demikian..:( .?”

Si sulung menjawab :

“Saya mengikuti pesan ayah bu… Saya dilarang menagih piutang ke siapa pun sehingga banyak piutang yang tidak di bayar dan lama-lama habislah modal saya, pesan yang kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang saya selalu naik taxi…:)”

Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yg keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya.
Sang ibu pun bertanya “Wahai anak bungsuku kenapa hidupmu sedemikian enak…?”

Si bungsu jawab :

“Ini karena saya mengikuti pesan ayah bu.. Pesan yang pertama saya dilarang menagih piutang kepada siapapun. Oleh karena itu saya tidak pernah memberikan utang kepada siapapun sehingga modal saya tetap utuh.. :)”
“Pesan kedua saya dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dengan motor yang saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih sore.. “

.
Pelajaran apa yang bisa kita petik dari cerita diatas, Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yang SAMA, namun masing-masing memiliki penafsiran dan sudut pandang atau MINDSET berbeda. Mereka MELAKUKAN cara yang berbeda sehingga mendapatkan HASIL yang berbeda pula.

Hati-hati lah dengan Mindset kita..
Mindset positif memberi hasil menakjubkan, sebaliknya mindset negatif memberikan hasil menghancurkan..
Always THINK and DO POSITIVELY…!;)
Keberhasilan anda tidak semata ditentukan oleh upaya kerja keras yang anda lakukan tetapi juga karena pengaruh bagaimana dan seperti apa pola pikir yang anda miliki dalam memandang suatu pesan dan keadaan.

This entry was published on Februari 4, 2012 at 8:52 pm. It’s filed under Catatan Harian and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

3 thoughts on “Kenapa Pola Pikir Seseorang Menentukan Keberhasilan, Ini Jawabnya

  1. sangat menginspirasi,,,selamat hari minggu mas

    salam

  2. bagus sekali…………

  3. sulthan on said:

    Salam semangat bg.
    dr sumut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: