Beda Si Gagal dan Si Sukses

Salah satu guru bisnis saya mengajarkan jadilah orang yang tidak biasa, orang diatas rata-rata . Dengan kata lain orang  yang mau melakukan apa yang orang rata-rata tidak lakukan, wah apa gerangan apakah orang gila? bisa jadi orang rata-rata akan bilang demikian hal yang tidak rasional diluar nalar sering dikatakan tidak wajar bahkan ekstrimnya gila.

Dalam kehidupan ada dua garis kehidupan manusia yang bersifat horisontal dan kita hidup ada di salah satu posisi garis tadi, kalau tidak diatas ya dibawah. Jenis kelompok pertama adalah kelompok yang hidup dibawah garis horisontal pertama, yakni kebanyakan orang yang hidup dalam lilitan masalah dan senantiasa terbelenggu dalam lingkaran lilitan masalah artinya tidak berusaha keluar dari lilitan masalah yang menjeratnya, mengherankan lagi mereka bahkan merasa nyaman terlilit masalah yang mengikatnya.

Sederhananya mereka di kelompok ini terdiri dari sosok-sosok manusia yang paling pintar, pintar dalam mencari kambing hitam atas keadaan yang menimpanya saat itu, contoh bila seseorang yang gagal dalam ujian praktek sim dia katakan “abis jalannya licin” atau ”  “sepeda motor ku agak berat coba kalo pake yang merek A atau B pasti aku bisa” artinya kelompok ini selalu benar dan tidak pernah merasa salah, mereka selalu menganggap paling benar sejagat. Pernahkan ketemu dengan sosok seperti ini?

Kebanyakan kita lebih suka meniru pola kelompok ini karena lebih mudah mencari alasan dari pada mencari sebuah pemecahan, lagipun kalau kita dapat kambing hitam yang pas pertama kita dianggap tidak salah kedua kita dianggap lebih bagus dari orang lain.

Kelompok lain yang masih saudara kembar si pencari kambing hitam adalah kelompok pencari pembenaran, seperti apa sih polanya? mereka berusaha meyakinkan apa yang dipilih dan diputuskannya adalah tepat walau dalam hatinya sebenarnya merasa pilihannya kurang ideal. Si pencari pembenaran akan bilang ” Tuh kan apa juga aku bilang coba kemarin kamu berangkat pasti dah basah kehujanan” bisa sakit kamu, benarkan apa kataku kita dirumah saja malah enak dah nggak kehijanan bisa ngopi sambil makan gorengan lagi” padahal bila rekannya tadi berangkat ada kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yang sangat berharga misal peluang bisnis atau kesempatan berprestasi.

Biasanya orang yang merasa gagal akan lebih suka mencari teman kegagalan, akan lebih suka bila banyak orang lain senasib dengan dirinya.

Lantas bagaimana kelompok yang hidup diatas garis horisontal tadi, kelompok ini jumlahnya sangat sedikit di dunia, mungkin bisa jadi jumlahnya tidak sampai 20 persen dari populasi manusia di bumi. Kelompok yang melihat sebuah masalah sebagai sebuah peluang, kelompok yang lebis suka berpikir keras mencari solusi dari pada mengkambing hitamkan masalah dan nasib.

Setiap dirinya terbentur masalah orang dalam kelompok ini akan mengatakan saya akan lakukan, saya coba semaksimal mungkin untuk pecahkan (keluar dari problem ini). Mereka berpikir ada peluang besar dibalik masalah yang dialaminya. Mereka sering kali dianggap aneh oleh lingkungannya karena mau melakukan apa yang kebanyakan orang tidak lakukan.

Yang ada hanyalah solutif di benak kelompok ini ” Dibalik sesusahan pasti ada kemudahan” habis gelap terbitlah terang.

Nah sobatku tercinta mau tergolong kemana kah kita? hidup bukankah sebuah pilihan, pilihan untuk nyaman sementara lari dari kenyataan atau menghadapi kenyataan dengan optimis bisa melaluinya dengan lebih baik dari hari kehari?

Semua ada ditangan kita sendiri bukan, selamat akhir pekan sobat.

This entry was published on Juni 5, 2011 at 1:37 am. It’s filed under Coretan Hati and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

3 thoughts on “Beda Si Gagal dan Si Sukses

  1. Beritahu saya artikel / Motivasi sukses ke email saya !!! karena saya ingin sukses ,yaitu melakukan hal yang berbeda dari orang biasa / rata rata. trmksh.

  2. Saya salah satu orang yang sering kali gagal, maka dari itu aku mau berbagi dengan anda, untuk menambah ilmu atau pun pengelaman saya, bagaimana cara jadi orang sukses..

  3. Mantap mas, saya suka artikel” mas benny ..

    Facebook atau Twitter nya apa mas ?
    Hehe

    Bagus” nih tulisannya , jempol lima deh buat mas benny …

    Semangat nulisnya + motivasinya ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: